Kamis, 14 Mei 2009

DIBIDANG HASIAT DAUN SIRIH

Tanaman sirih tumbuh merambat pada batang lain.Batang sirih sangat kecil,bulat dan lunak serta banyak ruasnya warnanya hijau kehitam-hitaman.Daun sirih bentuknya lonjong,besarnya antara 8 x 5 cm,ujungnya runcing berbentuk seperti jantung,baunya aromatik sedap.
Hasiat daun sirih:
1.daun sirih sebagai obat batuk.
Caranya:
Daun sirih,gulabatu,kayumanis semuanya diambil secukupnya,kemudian direbus dengan air sampai mendidih.Kalau sudah dingin disaring,dapat diminum sebagai obat batuk.
2.Mengobati mimisan
Caranya:
Anak yang mimisan dibaringkan terlebih dahulu.daun sirih dicuci yang bersih kemudian dilipat dan digulung yang kecil,yang sekiranya dapat dimasukan kedalam lubang hidung.Kemudian kompreslah kepala anak yang mimisan tersebut dg handuk basah.setelah darahnya keluar boleh duduk kembali.
3.Mata mins
Apabila ada orang yang penglihatanya kurang tajam,dikarenakan mins maka obti dengan daun sirih.
Caranya:
daun sirih 5lembar,direbus dg air 1/2 liter.Kalau sudah mendidih diturunkan dari jerangan api dan didinginkan.Kalau sudah dingin air daun sirih tersebut disaring dan dituangkan dalam piring.Mata kita masukan kedalam air sirih tersebut dan kita pejam-pejamkan.Lama-kelamaan penglihatan kita dapat tajam,walaupun rasanya pedas,hanya sebentar sekali.Atau lebih mudahnya air sirih tersebut dimasukan dalam gelas kecil yg cekung khusis untuk mencuci mata.
sumber:HM.AGUS IBNU'IBAD

Tidak ada komentar: